Wisata Payung Batu

Wisata Payung Batu merupakan salah satu obyek wisata kuliner di Kota Batu yang ramai dikunjungi muda-mudi baik dari Kota Batu sendiri maupun luar kota Batu. Objek wisata ini terletak di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Malang,tepatnya berlokasi di Jalan Raya Pujon, Malang utara. Wisata Payung terkenal akan tempat yang strategis untuk melihat keindahan Kota Wisata Batu yang berada di bawah Wisata Payung ini. Jalan menuju Payung dari arah Batu cukup menanjak dan meliuk-liuk, berjarak 6 KM dari pusat kota dan bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Hampir semua warung di kawasan Wisata Payung Batu ini terbuat dari bambu yang berbentuk rumah panggung sehingga pengunjung akan merasa melayang diatas jurang. Dibawah terlihat lebatnya hutan pinus, sawah yang menghijau, vila-vila dan perkampungan penduduk.

wisata payung Batu

Objek Wisata Payung Batu ini dinamakan payung karena dahulunya terdapat sebuah tempat yang atapnya berbentuk payung yang dinamakan payung pandang, apabila berada dibawah bentuk berupa payung  tersebut maka Anda dapat memandang daerah Songgoriti, Batu dan sekitarnya. Sejarah terbentuknya Objek Wisata Payung Batu ini dimulai pada tahun 1970, hanya beberapa orang yang menjual jagung dari pagi sampai sore, namun pada saat itu masih belum ada kios ataupun warung. Lalu lama kelamaan pada tahun 1981 terdapat beberapa penjual yang sudah memiliki kios, sementara penjual yang lain masih menggunakan tenda. Dan sampai sekarang sudah ada berpuluh-puluh warung yang tersedia di Kawasan Wisata Payung Batu ini.

Bagian – bagian Wisata Payung di Batu

wisata kuliner payung

Wisata Payung Batu terbagi dalam 3 bagian, yaitu :  Payung 1, Payung 2, dan Payung 3. Di setiap kawasan payung berdiri kokoh warung-warung makanan dan minuman ringan yang siap menemani Anda saat berkunjung kesana. Menu yang paling terkenal di Kawasan Wisata Payung Batu ini adalah Jagung bakar dan olahan susu milik KUD Batu. Selain jagung Bakar dan Susu, dikawasan ini juga menjual roti bakar, bakso, mie rebus / mie goreng dan beragam minuman lainnya. Namun minuman andalan di wisata payung ini adalah STMJ (Susu Telur Madu Jahe) dengan susu segar asli dari desa Sebaluh, kopi tubruk dan sari jahe murni. Tapi jangan khawatir di sebagian warung juga menjual makanan berat misalnya nasi goreng, ikan bakar, ayam dan tempe penyet.

PETA LOKASI TEMPAT WISATA PAYUNG BATU


Jadi, pastikan jika anda berkunjung ke kawasan Wisata Payung Batu ini diharapkan menggunakan pakaian tebal agar tetap nyaman selama menikmati suasana di Kawasan Payung yang terkenal juga dengan udaranya yang sangat dingin.