Wisata Bromo

Gunung Bromo, berada di ketinggian 2.329 mdpl dan di kelilingi 10 Km lautan pasir atau kaldera. Kawasan Bromo ada di 4 titik yaitu Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang ( Tumpang ). Nama Bromo di ambil dari nama Brahma, nama salah satu dewa utama di agama Hindu. Gunung yang berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang selalu di minati wisatawan lokal maupun mancanegara, karena memang pemandangan disana menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa melihat sunrise maupun sunset. Selain menikmati indahnya Wisata Bromo Anda juga bisa melihat rentetan gunung yang berada di wilayah tersebut yaitu gunung batok, gunung kursi, gunung widodaren dan gunung witangan.

Wisata Gunung Bromo

Bromo termasuk salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia, terakhir meletus pada tahun 2011 tepatnya di tanggal 28 Januari. Menurut sejarah dulu Gunung Bromo merupakan kloni yang di hasilkan dari  letusan dasyat Gunung Tengger yang kala itu merupakan gunung tertinggi di jawa dengan ketinggian 4000 mdpl. Gunung Bromo berdiri di atas kaldera Gunung Tengger, jadi bisa di bayangkan seberapa besar Pegunungan Tengger kala itu.

Suku Tengger di sekitar Wisata Bromo

Suku Tengger, mereka ada penduduk asli sekitar pegunungan Tengger. Tengger di ambil dari kata “Teng” dan “ger”, Teng dari nama Roro Anteng dan Ger dari nama Joko Seger. Roro Anteng adalah seorang putri yang cantik nan jelita anak dari Raja Brawijaya, raja dari kerjaan Majapahit, gadis ini mencintai seorang pemuda bernama Joko Seger anak dari Brahmana. Hanya saja saat itu ada kyai bima yang ingin meminang Roro Anteng. Kyai Bima adalah seorang penjahat yang mempunyai kesaktian. Roro Anteng yang tidak berani menolak akhirnya memberi tantangan yang menurutnya tak mungkin di penuhi. Tapi Kyai Bima menerima tantangan itu. Tantangan yang di berikan Roro Anteng adalah Kyai Bima harus membuat lautan di atas gunung dan waktunya hanya 1 malam. Kyai Bima menyanggupi tantangan Roro Anteng. Ternyata kesaktian Kyai Bima bukan omong kosong saja, karena telah di buktikan dengan hampir selesai apa yang di minta oleh Roro Anteng. Roro Antengpun mencari akal untuk menggagalkan rencana Kyai Bima. Akhirnya Roro Anteng menumbukkan padi yang membangunkan para ayam, dan berkokoklah ayam ayam yang terbangun tadi. Kyai Bima yang menyangka fajar telah tiba dan menilai dirinya telah gagal untuk memenuhi tantangan dari Roro Anteng inipun menjadi emosi dan menendang batok yang tadinya di gunakan untuk mengeruk tanah, batok itu tertelungkup di samping gunung Bromo. Yang sekarang di sebut dengan Gunung Batok. Rara Antengpun akhirnya menikah dengan Joko Seger dan membuat pemukiman yang namanya di ambil dari nama belakang mereka yaitu Tengger.

Itulah info singkat tentang suku Tengger. Mereka orang yang ramah dan menyenangkan, di jamin Anda akan betah berlama – lama dengan mereka. Setiap tahunnya mereka akan mengadakan ritual kasada yang di laksanakan pada 14 bulan kasada atau saat bulan purnama tampak di langit secara utuh (menurut penanggalan Tengger). Kasada sendiri adalah upacara ritual untuk memperingati pengorbanan Raden Kusuma putra bungsu Joko Seger dan Roro Anteng untuk menyelamatkan masyarakat tengger dengan cara melarung sebagian hasil bumi ke dalam kawah gunung Bromo . Acara kasada di selenggarakan di poten ( tempat suci bagi umat hindu disana), terdiri dari beberapa bangunan yang di tata dan juga komposisi pekarangan di bagi menjadi 3 wilayah yaitu Mandala utama, mandala utama ( tempat pelaksanaan pemujaan ), kedua adalah Mandala Madya dan yang terakhir Mandala nista. Poten sendiri terletak di lautan pasir Bromo antara gunung Batok dan gunung Bromo.

Penginapan di Wisata Bromo:

Jangan khawatir untuk penginapan karena banyak sekali penginapan di daerah sana, tapi anda harus berhati-hati karena akan banyak calo yang akan mendatangi Anda dengan menawarkan jasa penginapan. Jadi telitilah untuk memilih. Ingin lebih gampang Anda bisa langsung tanya kepada pemilik penginapan. Untuk penginapan sederhana Anda bisa merogoh kocek sebesar Rp. 100.000. Anda bisa meminta pada pihak penginapan untuk sewa Jeep, biasanya mereka sudah ada kerja sama dengan para pemilik jeep, karena memang mobil pribadi dilarang masuk. Selain bisa santai menikmati perjalanan, keuntungan menggunakan jeep anda bisa mendapatkan guide, jadi Anda bisa bertanya – tanya kepada beliau tentang Gunung Bromo ini. Harga Jeep bervariasi tergantung dengan tujuan Anda, kisarannya Rp. – sampai Rp – lebih.

jeep-gunung-bromo

Beberapa kawasan yang sayang untuk di lewatkan ketika berkunjung ke Wisata Bromo

Penanjakan, Tempat yang cocok untuk melihat matahari terbit, disini udara sangat dingin jadi buat Anda yang datang kesini harap memakai jaket tebal untuk mengusir hawa yang dingin. Para wisatawan rela datang dini hari untuk mendapatkan pemandangan Matahari terbit. Karena memang disini Anda akan mendapatkan view terbaik, dari sini Anda bisa melihat gunung Batok dan Gunung Bromo yang di selimuti kabut, dan seiring berjalannya waktu kabut itu akan hilang.

Lautan Pasir, area yang akan di lewati oleh para wisatawan untuk menuju kawah wisata gunung Bromo. Kawasan pasir dengan luas 10 KM, menakjubkan bukan tempat ini.

pura-gunung-bromo

Kawah Bromo, bagian utama dari tempat Wisata Gunung Bromo ini, Transportasi satu-satunya adalah menunggang kuda, untuk sewa kuda range harganya Rp. – sampai Rp. -. Untuk naik ke puncak Anda harus melewati 250 anak tangga. Setelah sampai atas Anda akan takjub dengan pemandangan dari atas sini, di sisi dalam Anda bisa melihat kawah bromo yang tidak berhenti mengeluarkan asapnya di sisi luar Anda bisa melihat lautan pasir beserta poten atau pura.

PETA LOKASI TEMPAT WISATA BROMO


Alam ini memberikan kita hal yang tidak bisa kita nilai dengan uang berapapun, yang bisa kita berikan adalah dengan tenaga kita untuk menjaganya. Jaga dan cintailah negeri ini sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri. Jangan mengotori apalagi sampai merusak. Selamat menikmati liburan Anda di wisata Bromo.