Pemandian Watugede Malang

Pemandian Watugede Malang, tempat wisata ini dulunya adalah tempat pemandian khusus untuk Raja dan juga putri-putri Raja pada zaman Kerajaan Singosari. Seorang Arkeolog yang berasal dari Negara kincir angin berhasil menemukan tempat ini pada tahun 1925. Pemandian Watugede Malang berada di Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasi Pemandian ini mudah di temukan, karena berdekatan dengan Jalan besar Malang – Surabaya.

Pemandian Watugede Malang

Cara Masuk Pemandian Watugede Malang

Hanya dengan mengisi buku tamu Anda bisa memasuki tempat bersejarah ini.

Tempat ini cocok sekali untuk berlindung dari panasnya Matahari karena banyak pohon yang di tanam. Sejuk dan teduh itulah yang bisa menggambarkan suasana di pemandian Watugede Malang ini. Di pemandian ini hanya tersedia satu kola dengan ukuran 3×7 meter. Di sekeliling pemandian ini kelilingi beberapa pohon dan di beri pagar berupa kawat berduri. Keunikan dari area ini adalah keluarnya air jernih dari mata air setempat dan mengalir terus menerus sampai sekarang. Namun sangat disayangkan sekali, karena mungkin sudah terlalu lama usia bangunan sehingga banyak beberapa bangunan yang sudah tidak ada lagi wujudnya/roboh. Untuk mengamankan sisa area yang masih ada, akhirnya area yang tersisa sekitar tahun 1970-an di ambil dan di amankan di museum Trowulan Mojokerto. Jadi yang tersisa di area ini tinggal keindahan kolam dengan satu area berbentuk garuda di pojok timur di bawah pohon raksasa yang orang sekitar menyebut pohon pelo. Sumber air dengan debit yang cukup¬† besar tersebar disetiap sisi pemandian yang masih ada.

pemandian-watugede

Di sudut pojok pemandian kolam ini terdapat sebuah sumur yang di gunakan  untuk meletakkan sesaji. Kolam ini memiliki sebuah tangga dari batu untuk masuk kedalam kolam. Sebagian tangga batu disini masih ada yang utuh tp juga ada yang diganti dengan tangga dari semen.

watugede-malang

Salah satu yang menarik dari tangga ini yaitu salah satu tangga dari batu ini memiliki permukaan yang berlubang-lubang dengan jarak beraturan. Orang sekitar menyebutnya dengan nama “Watu Dakon”. Menurut juru kunci di tempat ini Watu Dakon berfungsi sebagai penunjuk waktu untuk putri-putri raja yang sedang mandi di tempat tersebut.

PETA LOKASI TEMPAT PEMANDIAN WATUGEDE MALANG


Selain terdapat Watu Dakon di pemandian watugede ini juga terdapat “Batu Gores” berjumlah 3 buah. Menurut Juru kunci di tempat ini Batu ini berfungsi untuk mengasah pedang yang akan digunakan untuk menghukum pancung untuk laki-laki yang nekad menyusup ke dalam pemandian ini, karena pemandian hanya di khususkan untuk para putri raja dan juga dayang-dayang wanita. Di dekat sumur terdapat gua yang memiliki fungsi sebagai tempat berlindung untuk putri-putri Raja jika sewaktu-waktu terjadi bahaya. Namun Gua ini sekarang sudah ditutup.