Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep Malang merupakan pantai dengan ombak yang terkenal ganas, tempat wisata malang ini identik dengan Pantai Nyi Rara Kidul. Nyi Rara Kidul di gambarkan sebagai wanita dengan paras cantik dan mengenakan pakaian berwarna hijau. Dalam legendanya Nyi Rara Kidul adalah anak dari Raja Mundung Wangi yang kala itu memimpin kerajaan Pajajaran di mana anak tersebut di beri nama Kadita. Bercerita tentang legenda Nyi Rara KidulĀ  memang tidak akan ada habisnya karena memang legenda yang beredar di masyarakat tidak hanya ada satu cerita. Di samping cerita tentang penguasa laut selatan ini memang pantai Ngliyep sangat sayang untuk di lewatkan.

Pantai Ngliyep Malang

Wisata malang khususnya kabupaten malang dengan keindahan pantai ngliyep memang tidak dapat di ragukan lagi, dimana pantai ini memiliki beberapa karang yang menjulang tinggi dan beberapa bebatuan yang menghiasi pasir putih yang terbentang luas di sekitar pantai ini. ombak tenang namun menghanyutkan dan memiliki arus yang kuat, dan hal ini juga yang menjadikan alasan kenapa pantai ini tidak cocok di gunakan untuk berenang.

Ritual Warga Di Pantai Ngilyep Malang

Kegiatan ritual yang selalu di lakukan masyarakat di pantai gliyep malang pada tanggal 14 Maulud ( Rabiul Awal ) dinamakan dengan acara Labuhan, yaitu acara melarung sesaji ke laut. Sesaji berupa kepala ternak seperti sapi atau kerbau dan juga makanan lezat. Upacara ini bertujuan untuk meminta keselamatan para nelayan dari ganasnya ombak di pantai selatan, dan juga sebagai ungkapan rasa syukur, dan terutama di tujukan kepada Nyi Rara Kidul sebagai Sang Ratu di Laut selatan. Pertama kali upacara ini di selenggarakan pada tahun 1913, pada saat itu konon ada satu penyakit yang menyerang para penduduk desa, penyakit itu di sebut dengan nama Pagebluk. Tokoh masyarakat kala itu adalah mbah atun, beliau mendapat mimpi untuk menyelenggarakan upacara labuhan di pantai untuk keluar dari wabah tersebut. Upacara ini di selenggarakan oleh para penduduk sekitar di mana penduduk menggunakan pakaian tradisional jawa untuk mengiring sesajen yang akan di larung di pantai ngliyep malang

pantai ngliyep

Ada beberapa daya tarik lain di Pantai Ngliyep Malang selain upacara labuhan :

  • Goa Ular
  • Gunung Kumbang, adalah tempat ritual mistis untuk bertemu dengan Nyi Rara Kidul,
  • Bukit Cinta Kasih, bukit ini mempunyai cerita jika sepasang muda mudi main di sini maka akan menjadi satu pasangan di kemudian hari, boleh percaya boleh tidak karena jodoh, rezeki, kematian sudah ada yang mengaturnya.

Fasilitas yang ada di pantai ngliyep malang

penginapan, toko souvenir, kamar mandi, lahan parkir, depot dan area membangun tenda untuk yang ini kemping di sana. Untuk biaya masuk perorang di tarik tiket seharga Rp. 0 ( belum termasuk ongkos parkir dan untuk penginapan sendiri di bandrol dengan harga kurang lebih Rp. 0/ malam.

Untuk Anda yang ingin berkunjung kesini kami menyediakan Sewa mobil beserta driver yang akan mengantarkan Anda untuk menikmati keindahan panorama pantai tersembunyi ini, dan kami akan mengulas pantai lain yang tidak kalah untuk keindahannya, selamat berlibur di pantai gliyep malang