Gunung Panderman Batu

Gunung Panderman Batu, tempat wisata yang cocok untuk Anda yang menyukai pendakian, cocok juga untuk para pendaki pemula, berada di kawasan kota Batu. Gunung ini biasanya di gunakan untuk media pemanasan dan latihan untuk para pencinta alam. Gunung Panderman Batu ini tepatnya terletak di Dusun Toyomerto Kelurahan Songgokerto desa Pesanggrahan , Batu. Gunung dengan ketinggian 2000 mdpl ini puncaknya memiliki nama Basundara.

puncak panderman basundara

Gunung Panderman Batu cocok untuk para pendaki yang tidak mempunyai banyak waktu, karena bisa di capai 1 hari untuk sampai ke puncak sekaligus turun. Untuk pendakian minimal 2-3 jam untuk sampai ke puncak. Untuk sampai ke basecamp panderman anda membutuhkan waktu 30 sampai 1 jam dari arah kota Malang. Basecamp panderman berada di rumah paling ujung dari gapura Panderman, di sana kita mendaftarkan siapa saja yang akan mendaki gunung Panderman Batu ini, dan juga menitipkan kendaraan kita.

gunung Panderman batu

Van Der Man adalah nama dari orang Belanda yang  namanya di gunakan untuk nama dari gunung ini. Karena itu juga gunung ini terkenal di Negara Belanda.

Pos pemberhentian di Gunung Panderman Batu

Ada 2 pos pemberhentian di Gunung Panderman, yang pertama adalah Latar Ombo berada di ketinggian 1604 Mdpl yang biasa di gunakan sebagai tempat kemping untuk para pendaki, disini tersedia juga mata air yang bisa anda gunakan untuk cuci muka, masak dan lain – lain. Setelah Latar Ombo ada pos kedua yang di sebut dengan Watu Gede ( batu besar *bahasa Indonesia ) karena memang tempat ini banyak batu batu besar yang bisa di jadikan istirahat. Setelah pos Watu Gede kita bisa langsung mendaki lagi untuk mencapai puncak.

panderman batu

untuk biaya yang di keluarkan cukup Rp -sebagai uang parkir permotor dan biaya perizinan Rp -/orang. Murah bukan?.

PETA LOKASI TEMPAT GUNUNG PANDERMAN BATU


Untuk Anda yang mendaki di malam hari akan Ada bonus pemandangan kelap – kelip lampu kota Batu dan Malang yang akan mengiringi perjalanan Anda, dan juga kelap kelip bintang dilangit yang senantiasa melihat perjalanan Anda, sungguh indah bukan.

gunung panderman malam

Tips untuk berwisata di Gunung Panderman Batu :

  • Jangan lupa kenakan jaket yang tebal karena suhu di atas sangat dingin
  • Gunakan sepatu untuk mendaki dan sandal untuk turun ( usahakan sandal gunung yang emang khusus untuk track pegunungan ), jangan lupa kaos  kaki.
  • Bekal makan, karena di atas tidak ada warung .
  • Air mineral, bisa di isi ulang di pos 2 yaitu Latar Ombo
  • Obat – obatan dan P3K untuk berjaga – jaga
  • Dan keperluan lain yang menurut Anda perlu untuk Anda bawa.

Jangan lupa menyediakan satu kantong plastik untuk menampung sisa sisa makanan yang Anda bawa.

Hati – hati juga terhadap monyet liar yang memang menghuni kawasan puncak Panderman. Tetap jagalah alam ini seperti Anda menjaga diri Anda sendiri, jangan mengotori bahkan merusak alam ini, karena mereka juga bisa marah dengan segala tindakan Anda. Jangan lupa berdoa saat akan mendaki karena saat diatas hanya tekat, disiplin, dan doa yang bisa menyelamatkan Anda. Selamat berlibur untuk Anda yang akan berkunjung ke Gunung Panderman Batu.