Candi Sumberawan Singosari Malang

Candi Sumberawan Singosari Malang terletak di daerah Singosari, tepatnya di Desa Sumberawan, daerah Toyomorto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi Sumberawan ini hanya berjarak kurang lebih 6 km saja dari Candi Singosari.  Candi ini berbeda dengan candi-candi lainnya, yang membedakan adalah candi ini tidak berupa bangunan seperti candi-candi lainnya, namun candi ini hanya berupa bentuk stupa dan merupakan satu-satunya candi yang berbentuk stupa yang berada di Jawa Timur. Candi ini termasuk candi bercorak Budha dan merupakan peninggalan kerajaan Singhasari. Candi sumberawan Singosari Malang ini ditemukan pertama kali pada tahun 1904 dan sudah mengalami renovasi pada bagian kaki candi pada tahun 1937 oleh pemerintah Hindia Belanda. Dahulunya Candi Sumberawan ini digunakan untuk melakukan persembahyangan umat Budha pada saat itu. Selain itu juga  banyak yang memperkirakan kalau dahulunya candi ini didirikan sebagai tempat pemujaan .

candi sumberawan

Seperti candi lainnya, Candi Sumberawan Singosari Malang ini juga terbuat dari batu andesit dengan ukuran panjang 6,25m, lebar 6,25m, tinggi 5,23m. Dibangun dengan ketinggian 650 mdpl di bawah kaki Gunung Arjuno. Namun sebelum anda memasuki kawasan candi sumberawan ini, anda harus berjalan melewati sawah dan sungai melalui 500 meter dari Jalan Raya Dusun Sumberawan Desa Toyomarto. Untuk Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah dan bagus sekali. Dikelilingi dengan hamparan permadani sawah yang bagus, udara yang sejuk dan juga terdapat sumber mata air yang sangat besar membentuk telaga dengan kondisi air yang jernih dan bersih. Banyak orang sekitar yang bilang dan percaya jika air kolam sumberawan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, Jadi anda mungkin sangat betah sekali jika berkunjung dan berwisata ke Candi Sumberawan Singosari Malang ini.

akses jalan candi sumberawan

Batur candi ini berdenah bujur sangkar, tidak memiliki tangga naik dan polos tidak berelief. Pada kaki candi memiliki empat penampil pada keempat sisinya. sedangkan di atas kaki candi berdiri stupa yang terdiri dari lapik bujur sangkar dan lapik berbentuk segi delapan dengan bantalan Padma. Namun sangat disayangkan sekali pada bagian teratas dari tubuh candi atau bisa dimaksud dengan puncaknya sudah ada yang hilang , jadi sudah tidak mungkin untuk melakukan pemugaran lagi karena ada beberapa kesulitan dalam

Candi Sumberawan singosari malang

perencanaan pemasangannya kembali. Dari bentuk candi stupa ini sendiri menunjukkan latar belakang keagamaan yang bersifat Buddhinisme dengan suasana alam yang damai dan indah

PETA LOKASI TEMPAT CANDI SUMBERAWAN SINGOSARI MALANG


Pada Tahun 1359 Raja Hayam Wuruk raja keempat kerajaan Majapahit pernah mengunjungi tempat ini . Dahulu nama kawasan Candi Sumberawan Singosari Malang ini adalah Kasurangganan yang berarti taman bidadari karena tempat yang memang sangat menawan dan memberi kesan nyaman, damai dan tenang. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melepas penat setelah melakukan rutinitas sehari – hari yang tiada henti. Dan terakhir pesan admin masih sama dengan sebelum – sebelumnya, jagalah dan rawatlah, jangan mengotori bahkan merusak tempat yang Anda kunjungi apalagi tempat bersejarah yang patutnya kita lestarikan ini jangan sampai justru negara lainlah yang mengambil alih benda sejarah kita. Dan terima kasih untuk perhatiannya dan selamat berlibur di Candi Sumberawan Singosari Malang.