Air terjun Coban Rondo Malang Batu

Air Terjun Coban Rondo Malang Batu tepatnya terletak di daerah Pujon kabupaten Malang tepatnya di desa Pandansari 12 km dari kota Batu. Ikuti saja jalan arah wisata payung yang berkelok – kelok sambil menikmati pemandangan kota Malang dari atas dan pada ujung jalan terdapat patung sapi, silakan kamu lurus saja mengikuti arah plang ke wisata air Coban Rondo. 2 KM sebelum tempat wisata Anda akan di sambut dengan papan bertuliskan “ welcome to wana wisata Coban Rondo “ . Coban Rondo adalah air terjun dengan ketinggian 84 meter dan berada di ketinggian 1135 meter dari permukaan laut.

Air terjun Coban rondo adalah aliran Air dari beberapa coban di atasnya, urutan atas ada coban manten setelah itu mengalir ke coban dudo dan terakhir barulah di coban Rondo.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

coban rondo

Rondo dalam bahasa Indonesia di artikan dengan “janda”. Menurut legenda yang beredar di masyarakat dahulu kala ada sepasang suami istri yang baru saja menikah, sang suami berasal dari gunung Anjasmoro bernama Raden Baron Kusuma dan sang istri bernama Dewi Anjarwati berasal dari gunung Kawi. Usia pernikahan mereka yang masih tergolong singkat menjadi pantangan untuk mereka berkunjung ke daerah asal sang suami. Saat itu usia pernikahan mereka baru memasuki usia 36 hari ( selapan ). Tapi mereka tetap memaksa untuk datang kesana dengan resiko apapun. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan Joko Lelono, ternyata pemuda ini terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Kemudian Joko Lelono berusaha merebut Dewi Anjarwati dari Raden Baron Kusuma. Perkelahianpun tidak terelakkan lagi, sang suami Raden Baron Kusuma menyuruh para penukawannya ( pendamping) untuk membawa Dewi Anjarwati ke suatu tempat yang memiliki coban, dan coban itulah yang saat ini bernama Coban Rondo.

Mengapa di sebut coban rondo karena dalam perkelahian antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma, mereka sama sama meninggal dan menyebabkan Dewi Anjarwati menjadi janda atau dalam bahasa jawanya di sebut rondo. Katanya di belakang coban terdapat sebuah gua dan batu besar yang dulunya di gunakan Dewi Anjarwati untuk merenungi nasibnya

Selain legenda Air Terjun Coban Rondo yang boleh di katakan tidak bahagia ini munculah mitos, di mana jika ada pasangan yang datang ke coban Rondo akan mengalami keretakan hubungan. Jadi boleh percaya boleh tidak dengan mitos ini, atau anda mungkin ingin membuktikan sendiri silakan bawa pasangan anda untuk menikmati keindahan Air terjun Coban Rondo Malang Batu. Yang ingin saya ingatkan kepada anda percaya kepada Sang Pencipta tentang apa yang di takdirkan dan apa yang di kehendaki-Nya adalah yang terbaik untuk hamba-Nya.

Setelah berbicara tentang legenda dan mitos tentang Air Terjun Coban rondo ini kami akan membahas tentang fasilitas yang di sediakan di tempat wisata ini. di kawasan Air Terjun Coban Rondo ini menyediakan area Outbond, bumi perkemahan, penginapan, untuk pencinta olahraga sepeda gunung disini menyediakan track untuk bersepeda melintasi hutan pinus, area bermain untuk anak – anak, tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung – warung, mushola untuk wisatawan muslim.

Tarif Masuk & Fasilitas di Air Terjun Coban Rondo

biaya memasuki tempat wisata Coban Rondo untuk wisatawan lokal biasanya di tarik sekitar Rp.0/orang, dan untuk wisatawan asing Rp. 0/orang, untuk kendaraan di bandrol dengan harga Rp. 0 untuk kendaraan roda 2, Rp 0 untuk kendaraan roda 4 dan Rp 0untuk kendaraan roda 6. Biaya tersebut di atas belum termasuk dengan biaya parkir. Untuk parkir sendiri biasanya roda 2 seharga Rp. 0 dan untuk roda 4 Rp. 0 dan untuk roda 6 Rp. 0. Untuk penginapan terbagi jadi 4 tipe harga mulai Rp 0 sampai Rp 0permalam.

air terjun coban rondo

Coban rondo merupakan coban yang paling mudah untuk di tempuh di banding dengan coban lainnya. Karena jarak antara air terjun dan lahan parkir hanya sekitar kurang lebih 200 m, jadi coban ini cocok untuk di gunakan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Pesan untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Coban Rondo Malang Kota Batu ini adalah hargai tempat ini, jangan merusak, mengotori, teriak-teriak, berbicara kotor, melakukan hal yang menyimpang dan hal hal tercela lainnya. Jagalah mereka dengan sebaik – baiknya.

Masih banyak lagi coban yang ada di Kawasan Malang ini dan kami akan selalu mengupdate tempat wisata yang sayang untuk anda lewatkan saat berkunjung ke Air terjun Coban Rondo Malang Batu